Macam-Macam Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

gambar tersebut menyebutkan tentang macam olahraga dirumah gambar tersebut menyebutkan tentang macam olahraga dirumah

Macam-Macam Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Kini, olahraga pun bisa dilakukan dari rumah. Hanya saja, tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan di rumah. Ada beberapa jenis kegiatan olahraga, baik menggunakan alat maupun tidak yang dapat cocok untuk dilakukan sembari berpuasa. Maka dari itu, ini dia beberapa macam olahraga di rumah yang wajib Anda coba. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Push Up

Push Up menjadi salah satu olahraga yang biasa dipilih untuk dilakukan di rumah. Push Up ini bertujuan untuk melatih otot-otot tangan agar tidak kaku. Bahkan, melakukan Push Up secara teratur dipercaya dapat melatih otot tangan, perut, dan betis.

Untuk menjaga kebugaran stamina, maka lakukan olahraga Push Up secara teratur setiap harinya. Anda tak perlu khawatir, sebab Push Up juga baik dilakukan untuk orang yang sedang berpuasa.

  1. Sit Up

Sit Up juga menjadi salah satu olahraga di rumah yang bisa Anda lakukan. Jenis olahraga yang satu ini cukup mudah dilakukan karena tidak membutuhkan alat bantu apapun. Bahkan, manfaat melakukan olahraga Sit Up ini hampir sebanding dengan Push Up. Dengan melakukan Sit Up secara berkala, maka lemak-lemak di bagian perut dapat segera luruh.

Alhasil, banyak orang melakukan Sit Up agar perut terlihat six pack. Sit Up juga menjadi salah satu jenis olahraga yang boleh dilakukan sembari berpuasa. Hanya saja, jangan terlalu memaksa melakukan Sit Up melebihi batas yang direkomendasikan.

  1. Squat Jump

Squat Jump ini juga dapat Anda lakukan ketika melakukan olahraga bersama keluarga di rumah. Melakukan Squat Jump ini sangat mudah, Anda cukup jongkok dan kemudian melompat secara berkali-kali.

Olahraga ini pun dipercaya dapat membantu memperkuat otot paha dan perut secara sempurna. Sama halnya dengan Push Up dan Sit Up, Squat Jump ini juga diperbolehkan untuk Anda lakukan sembari menjalankan ibadah puasa. Untuk melakukan Squat Jump, Anda tidak perlu menggunakan alat bantu olahraga apapun.

  1. Lompat Tali

Lompat tali menjadi salah satu olahraga di rumah yang cukup banyak dipilih. Rata-rata, olahraga yang masuk dalam kategori Plyometric ini banyak dilakukan oleh banyak orang setelah keluarnya kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Ada banyak manfaat melakukan olahraga lompat tali ini. Salah satunya adalah melatih otot tangan dan kaki agar tetap lentur. Selain itu, olahraga lompat tali juga melatih fokus seseorang. Dengan melakukan olahraga lompat tali secara teratur, maka dapat mencegah masalah berat badan.

Sebab, kalori dalam tubuh akan cepat terbakar ketika Anda melakukan olahraga lompat tali. Anda tak perlu khawatir, sebab lompat tali ini juga menjadi salah satu olahraga yang aman dilakukan sembari menjalankan ibadah puasa.

  1. Angkat Berat

Angkat berat ini juga menjadi salah satu olahraga favorit yang bisa dilakukan di rumah. Ada berbagai macam jenis olahraga angkat berat yang bisa Anda lakukan. Mulai dari angkat barbel dengan berbagai ukuran berat hingga angkat besi dengan jumlah beban tertentu.

Namun Anda perlu hati-hati, sebab ada beberapa resiko ketika mengangkat beban terlalu berat. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencari instruktur pelatih khusus untuk olahraga angkat berat. Tujuannya tentu mengurangi resiko cedera akibat salah tumpuan saat mengangkat barbel.

  1. Jogging

Jogging atau berlari-lari kecil ini juga menjadi salah satu olahraga di rumah yang sering dilakukan oleh semua orang. Olahraga ini dipercaya dapat membakar lemak dalam tubuh dengan cepat. Meskipun dapat dilakukan kapanpun, ada baiknya Anda memilih waktu jogging di pagi hari atau sore hari.

Sebab, di kedua waktu tersebut tidak membuat Anda kehabisan stamina karena terpapar terik sinar matahari. Selain itu, jogging juga dipercaya dapat menjadi salah satu kegiatan ngabuburit untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Semenjak peraturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan, Anda lebih disarankan untuk berolahraga di rumah saja. Tujuannya tentu mengurangi penularan virus covid-19. Di bulan suci Ramadhan, Anda bisa memilih beberapa jenis olahraga di rumah yang cocok untuk dilakukan sembari menjalankan ibadah puasa.